March 09, 2011

don't be fragile

yang nulis Isma Kazee di 2:20 PM
beberapa hari ini aku tak nyenyak tidur. pekerjaan administrasi membuat kepalaku terasa berat dan pusing. lebih berat dari mempersiapkan materi untuk mid term ternyata. apalagi pekerjaan administrasi ini menyangkut penelitian untuk summer. mikirnya dobel, karena tidak hanya tentang jawaban yes dan no, tapi beyond the form, tantang apa yang mau diteliti berikut kuisioner. beruntung, advisorku orang yang hebat dan baik. seorang profesor yang berhati malaikat.

sore ini aku kembali mendapat kesempatan untuk konsultasi. kata demi kata juga kalimat yang aku isikan dalam form itu ia cermati dengan tekun. jika ada yang menurutnya tidak pas, dia akan bertanya, lalu mengeditnya sesuai dengan apa yang ada dalam pikiranku. dia tak pernah underestimate, itu yang sangat aku suka. tak pernah mempersulit, bahkan untuk tema yang mau aku teliti. dia hanya bertanya, apa yang aku mau, lalu membantu merumuskanya, tanpa bertanya, bagaimana research questionnya, landasan teorinya, metodologinya, bahkan sumber datanya.

dulu, ketika aku menulis paper pertama untuk kelasnya, aku sempat bertanya tentang metodologi. lalu, dengan santai dia menjawab, bahwa dengan aku membaca sumber data dan interview, itulah metodologinya. dia juga tak bertanya tentang teori chicklit, penulis muda, dan sebagainya. yang dia lakukan hanya memberiku guide sejumlah pertanyaan, aku jawab, lalu dibuatlah sistematika untuk aku kembangkan. karena dengan sendirinya, ternyata aku bisa menjelaskan beberapa term sesuai dengan sumber data. asyik sekali, tak membebani dan enak diikuti. dan satu lagi, dia yakin betul bahwa aku bisa menyelesaikan apa yang aku mau.

benar kata temenku, "don't be fragile. if you already decided your way and you know how to reach there, just say no, and explain what you want to anybody who disturbs you and acts like he knows more about something that you want." mudah sih untuk memberikan nasihat itu, tapi ada baiknya aku biasakan.

0 komentar:

 

Isma Kazee Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea