December 28, 2018

Resolusi 2019

yang nulis Isma Kazee di 1:54 AM


hai, menjelang pergantian tahun. rasanya baru kemarin 2018 dimulai. tiba-tiba saja sudah desember. ohya apa kabar 23 desember? hehe itu tanggal lahirku. nggak ada yang istimewa. padahal 23 desember 2018 kemarin itu aku genap 40 tahun. hmmm, usia yang katanya menjadi titik balik kehidupan seseorang. begitu kah?

di usiaku yang keempat puluh ini, aku masih berjuang nyelesaiin kuliah S3 yang masa studinya akan selesai tahun depan. itu salah satu sukanya karena paling tidak, aku tidak menganggur haha. kredit rumah alhamdulillah sudah lunas. jadi ada tempat yang bisa aku sebutkan alamatnya kalau-kalau ditanya orang, eh rumahmu di mana.

tapi, nestapanya aku belum mapan. misalnya, pekerjaan? haha aku belum punya pekerjaan tetap, seperti dosen entah itu pns atau nonpns. atau jadi staf di kantor mana gitu, juga enggak. jadi peneliti? ya namaku tercatat sih di websitenya isais uin suka. tapi itu sebatas voluntary, bukan kerja bergaji tetap sebagai jalan memenuhi kebutuhan hidup.

lha terus, kamu mau ngapain abis lulus nanti?

ah, aku nggak bisa jawab pertanyaan itu sekarang. yang jelas, selesaikan dulu urusan di leiden. memang sih dua supervisorku nggak pernah sekali pun memaksa kalau aku harus menyelesaikan tulisan dan submit sebelum balik jogja for good. cuma, aku mau mikirnya boko siji, satu satu. mana yang penting, itu didahulukan. karena sekarang lagi sekolah, ya urusin dulu sekolahnya sampai selesai.

tapi, aku mikir juga ding haha. abisnya keseringan dapat pertanyaan, abis S3 mau ngapain? karena aku emang belum terikat dengan kampus atau lembaga mana pun. hmm, cuma kalau melihat pengalamanku selulusku dari S2, tahun 2012 sampai 2015 sebelum ke leiden, aku optimis aja kalau kehidupanku akan baik-baik saja.

aku mimpi banget punya waktu untuk mengeksekusi outline novelku, sambil menghidupkan kembali sesi belajar nulis bareng. selain tetap bermimpi dapat grant atau kolaborasi dengan international institutions, universities, atau scholars untuk melakukan penelitian. asal jeli dan selalu "obah" cari kesempatan, aku yakin akan bisa "mamah".

hehe itu resolusi 2020 deh kayaknya. kalau resolusi 2019, ya menyelesaikan disertasi dan submit, sambil memenuhi hard disk referensi untuk bahan penulisan tema selanjutnya :)

ala kulli hal ...

semoga Allah selalu memberikan perlindungan, keselamatan, pertolongan, kekuatan, kecerdasan, semangat, kesempatan bagus, kedekatan dengan-Nya dan keberkahan sehingga selalu bisa bersyukur atas semua nikmat dan anugerah, kemudahan untuk beribadah dan melaksanakan tanggung jawab, dan kebahagiaan bersama keluarga, teman-teman, dan lingkungan sekitar amiiin.

0 komentar:

 

Isma Kazee Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea