July 20, 2023

dua bulan di berlin

yang nulis Isma Kazee di 1:10 PM

usai sidang disertasi aku balik ke jogja dan mulai mempersiapkan program Co2libri fellowship dua bulan di berlin, program yang ditawarkan sama bu claudia, salah satu penguji. aku mengurus visa jerman yang ternyata butuh waktu sekitar satu bulan untuk proses. aku juga perlu mencari tempat tinggal yang harganya terjangkau.

beruntung ada mbak inna yang membantuku pasang iklan, dan ada induk semang yang menghubungiku lewat email. setelah beberapa kali tek-tokan, bahkan hampir nggak jadi karena sudah ada penyewa yang lebih sesuai dengan availability timenya, finally aku bisa ngekos juga di rumahnya.

selama dua bulan di berlin aku lumayan produktif. di samping aku juga punya banyak waktu untuk istirahat dan nonton drakor hehe. me time lah pokoknya. tugas pertama yang aku selesaikan adalah menulis satu artikel untuk publikasi jurnal projeknya bu claudia. aku menulis tentang platform writers dan digital literatures. 

tugas kedua adalah menyelesaika editing buku biografi bu mundjidah wahab. pekerjaan ini sebenarnya tidak memakan waktu banyak, hanya saja aku agak kesulitan untuk membangkitkan semangat untuk segera menyelesaikan hehe. tapi akhirnya selesai juga.

tugas ketiga adalah interview untuk bahan dua presentasiku. pertama presentasi di ISEAS Singapura, dan di KITLV Leiden. aku juga sambil nyicil referensi untuk bahan tulisannya nanti. aku selesai melakukan interview dengan lima ulama perempuan, dan dua awak media yang concern dengan persoalan perempuan. satu nara sumber lagi dari awak media interviewnya melalui email.

tugas keempat, aku diminta menjadi guest lecture untuk kelas bu claudia, lalu presentasi di forumnya Co2libri bersama mas asfa, dan menjadi discussant untuk presentasinya mas asfa di forum transregional talk.

udah gitu aja. rencanaku untuk menyusun proposal penerbitan buku nggak kalakon, juga rencana seperti podcast dan phd workshop. kata bu claudia, kamu udah melakukan banyak hal. hehe baguslah kalau begitu.

aku senang sekali mendapat kesempatan fellowship ini. aku tidak dibebani untuk mengerjakan tugas-tugas lain di luar pekerjaanku sendiri. dan aku mendapatkan fasilitas dan pembiayaan, meskipun sampai sekarang reimbursment tiket pesawatnya belum cair wkwkwkwk. tapi, semoga akan cair pada waktunya.

sekarang aku tinggal menunggu hasil review artikelku untuk perbaikan. aku berharap prosesnya nggak memakan waktu lama dan bisa terbit sesuai rencana, yaitu desember 2023.

0 komentar:

 

Isma Kazee Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea