February 24, 2012

ngakalin untuk survive

yang nulis Isma Kazee di 2:41 AM

nakal atau clever, temenku bilang. sebenarnya bukan nakal, tapi cerdik. aku nggak bermaksud macam-macam dengan cara cerdikku ini, tapi menyiasati kelemahan supaya tetap bisa bertahan. itu maksudnya.

jadi ceritanya tentang bagaimana menyiasati tugas-tugas yang bikin otak mendidih, salah satunya dari kelas comparative muslim societies. sebenarnya tak cuma aku yang merasa berat dengan kelas ini. salah seorang teman, kami cuma bertiga, sebelum bubar kelas dengan lugas bilang kalau dia merasa kelas ini adalah yang paling berat dibanding kelas lain yang ia ambil. kenapa? menurut dia karena harus menulis response berdasarkan theme. tapi ujung-ujungnya si mbak dosen cuma bilang, "this is a graduate student class, right," dan diam deh hehe.

suer, tadinya aku sempat kaget juga. secara kan american gitu, masak masih merasa kesulitan. bagaimana dengan aku coba, tidak bisa berkutik lagi dong. jadi sebenarnya aku nggak sendirian, merasa kalau kelas ini lumayan sulit. sebenarnya tidak begitu sulit menurutku, cuma karena beban readingnya yang banyak dan cara responsenya yang bukan sebatas summary. itu yang bikin kayak beraaaat gitu. apalagi ada tambahan harus ngomong dan berdiskusi. ini yang paling berat. mau nggak mau, aku harus membaca dan paham. mana pakai inggris lagi. apes deh!

tapi temen-temenku suka lucu. leon, misalnya, waktu travis telat datang, dia sudah duluan bilang, "isma, kalau travis nggak datang, aku serahkan semuanya sama kamu ya untuk diskusinya. aku ikut saja." atau pas dosen yang muda dan pinter itu bertanya, ada yang bisa menjelaskan tentang arti dakwah? spontan dua temenku itu saling pandang dan kompak melihat ke arahku. aku pun membalas dengan guyonan, "don't look at me ..." haha.

sebenarnya, sebisa mungkin aku tidak terbawa stress gara-gara kelas ini. aku suka urik (baca: cerdik) hihi, hanya membaca bagian-bagian yang penting, dan punya bahan untuk dituliskan dan diomongkan. malah kadang ada satu atau dua artikel yang tidak aku baca. lalu pas di kelas, kalau ditanya, ada ide nggak isma tentang artikel ini, dengan cuek aku bilang, i have no idea :P dan, dua temenku itu pada senyum-senyum. pernah juga, aku berseloroh waktu si bu dosen tanya, "kenapa kamu gak dateng nonton randai, isma." aku jawab sambil tertawa, "b'coz i was busy with these readings." dan leon mengacungkan jempol ke arahku tanda setuju.

mungkin bagi mereka, aku termasuk murid nakal yak. tapi, buatku, ngakalin itu bagian dari usahaku untuk survive. yang penting nggak bodoh-bodoh amatlah, dan bisa nyambung kalau ada diskusi di kelas hehe.

_____________________________________________

0 komentar:

 

Isma Kazee Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea