December 20, 2021

pre post-doctoral

yang nulis Isma Kazee di 5:00 PM

lama banget ya nggak nulis blog. blog yang isinya cuma curhatan doang hehe. saking lamanya sampai tahun 2021 udah mau lewat, memasuki 2022.

tahun 2021 selain menyisakan kesedihan karena simak berpulang, aku mendapatkan juga kebahagiaan. yaitu aku ketrima masuk program fellowship semacam pra "post-doktoral" dan pekerjaan konsultan evaluasi yang berasa seperti "post-doktoral". dua projek ini akan berlangsung sampai pertengahan tahun 2022.

yang pertama, program women living under muslim law (WLUML) di bawah supervisi prof homa dari montreal kanada. karena ini semacam internship jadi hanya menawarkan pengalaman dan jaringan. nggak ada proses rekrutmen, jadi setelah apply aku langsung dapat balasan untuk direkrut.

awalnya kukira aku akan kerja individual, bukan teamwork. tapi, ternyata ada fellow lain yang sudah merekrut sejumlah anggota yang akan belajar di dalam program. aku sebenarnya keberatan untuk menjadi koordinator tim yang anggotanya adalah para senior yang sudah sibuk-sibuk. selain itu, aku harus dealing with translating their writing into english.  

beruntung aku masih ada kesempatan untuk merekrut anggota lain yang masih longgar dan bisa bahasa inggris, salah satunya dayah. aku banyak mengandalkannya untuk merangkum tulisan anggota tim yang lain dan menerjemahkan ke dalam bahasa inggris.

prof homa sosok yang baik dan sabar. ia antropologis perempuan sekaligus aktivis. kami bertemu secara online hanya tiga kali. terakhir, ia bertanya soal disertasiku. ia bilang, ia tertarik menggelar forum di pusat studinya dan di program Islamic Studies Mc Gill university untuk aku presentasi disertasi setelah aku defence. duuh, aku rasanya melambung. ini bener-bener kesempatan yang luar biasa dan nggak boleh dilewatkan. besok kalau udah defence, aku pasti bakal aku tagih hehe. 

yang kedua, aplikasiku untuk menjadi konsultan pengembangan kurikulum capacity building musawah diterima. ini juga nggak pakai proses seleksi. sama seperti ketika aku apply phd di leiden dan fellow di WLUML. email jawaban langsung menjelaskan bahwa aku memenuhi kualifikasi dan ditawarkan untuk bekerja sama dengan konsultan lain dari afrika selatan. alamak! 

aku kehilangan kata-kata pas mereka menjelaskan kenapa mereka tertarik dengan profilku. katanya, karena aku terlibat dalam studi soal ulama perempuan, pengembangan kurikulum, sekaligus terlibat di dalam gerakan tersebut. kualifikasi yang sering kali aku masih merasa nggak pede, masak sih aku sebagus itu.

di dalam pekerjaan konsultansi ini, aku dan teman kerjaku merasa kalau ini pekerjaan besar. karena kami akan merancang arah capacity building sebuah organisasi dan gerakan besar yang dampaknya nggak hanya di tingkat lokal tapi juga global. kami menjadi otaknya, oh my God, seberapa smartnya otak kami ini ya. kami senang tapi juga nervous! tapi, aku terus membangun kepercayaan diri, kalau aku terpilih, berarti mereka percaya kalau aku bisa menyelesaikan tugas besar ini. and we will do our best!

dengan dua kesempatan ini, WLUML dan musawah, aku merasa seperti mendapatkan jalan untuk naik level ke tingkat global. dua organisasi ini well established dan banyak dikenal kalau kita ngomongin soal gerakan feminisme islam. dan aku percaya betul, kesempatan ini datang with purpose, semoga akan membawaku pada kesempatan-kesempatan luar biasa selanjutnya. 

sekarang, PR-nya selain bekerja sebaik-baiknya adalah menyelesaikan disertasi hehe. gimana buk, tinggal final push ya, yoook semangat!

0 komentar:

 

Isma Kazee Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea